Kegiatan Pengabdian

BIOGAS DARI KOTORAN SAPI

Dalam menunjang kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi, mahasiswa dari program studi Teknik Lingkungan serta dosen pengampu mata kuliah Energi Ramah Lingkungan bersama sama melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat  di desa Sumberkejayan Kecamatan Mayang, dilaksanakan pada tanggal 26 Juli 2022. Dalam kegiatan ini dilakukan edukasi kepada warga  sekitar tentang energi gas yang dihasilkan dari proses fermentasi kotoran ternak. Energi gas tersebut dapat dimanfaatkan secara langsung untuk keperluan sehari-hari.

Menurut Harjo sebagai mahasiswa prodi Teknik Lingkungan, hal ini merupakan implementasi perkuliahan Energi Ramah Lingkungan dengan mengolah limbah kotoran sapi menjadi suatu energi gas. Dalam prosesnya dijelaskan pula, bahwa gas  dihasilkan dalam proses anaerob di dalam tabung reaktor.

Media tabung reaktor memanfaatkan drum plastik bekas dan sebagai media penyimpanan gas menggunakan ban karet bekas. Tahapan pengisian tabung reaktor dengan mencampur kotoran sapi dengan air perbandingan 1:1 kemudian ditambahkan molase atau EM4 sebagai starter mikroba (mikroorganisme) secukupnya ke dalam tabung reaktor.

Terbentuknya gas dapat diketahui dengan melihat tekanan pada ban karet, apabila ban karet dirasa sudah memiliki tekanan tinggi maka gas siap digunakan. Sisa limbah yang berupa slurry (lumpur) dari tabung reaktor dapat kita aplikasikan ke tanaman sebagai pupuk.